Merdeka.com – Lewat program bernama Bug Bounty, Google mengumumkan hadiah yang dikucurkan bagi siapapun yang mampu meretas chip keamanan di smartphone terbaru Pixel, yakni chip Titan M.

Dikutip dari The Verge via Tekno LIputan6.com, raksasa internet itu kini menawarkan hadiah hingga USD 1 juta (sekitar Rp 14 miliar) bagi orang yang dapat menyusup ke sistem Titan M.

Menurut Google, hadiah utama akan diberikan ke mereka yang mampu mengeksploitasi secara utuh kode di Titan M dari jarak jauh. Ada pula bonus tambahan hingga 50 persen bagi peneliti yang berhasil menemukan exploit di versi Android developer preview.

Perlu diketahui, Titan M merupakan chip keamanan yang diperkenalkan bersama dengan Pixel 3 tahun lalu. Sesuai namanya, chip ini berfungsi menjaga data sensitif smartphone terutama di prosesor utama dari serangan pihak luar.

Google menyebut chip ini mampu menjaga data sensitif, seperti login credentials, disk encryption, data aplikasi, hingga menjamin integrasi sistem operasi. Saat ini, Titan M telah menjadi elemen penting untuk sistem keamanan di perangkat Pixel.

Bersamaan dengan informasi di atas, Google sekaligus mengumumkan sejumlah kategori baru untuk program Android Security Rewards yang sudah digelar sejak 2015. Kini, ada kategori mengenai eksploitasi lewat membobol kunci layar dan data exfiltration.

Google mengaku telah membayar hadiah sebesar USD 1,5 juta (Rp 21 miliar) untuk program bug bounty sepanjang tahun ini. Rata-rata para peneliti keamanan yang berpartisipasi mendapat hadiah USD 15.000 (Rp 221 juta).

Adapun hadiah terbesar yang diberikan Google tahun ini untuk satu peneliti adalah USD 161.337 (sekitar Rp 1 miliar).

Hadiah itu diberikan kepada peneliti yang menemukan rantai eksploitasi eksekusi kode jarak jauh lewat satu klik yang ditemukan di Pixel 3.

Sumber: Liputan6.com
Reporter: Agustinus Mario Damar [idc]





Source link

Write a comment:
*

Your email address will not be published.